A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/lib/php/sessions/ci_sessionb06b7cac55befc6196581cd1f741e1dadac4c3d7): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 156

Backtrace:

File: /home/desa/application/controllers/Postings.php
Line: 8
Function: __construct

File: /home/desa/index.php
Line: 292
Function: require_once

-

Kelompok Kesenian Desa Kuripan


Sejak dahulu, Masyarakat Desa Kuripan memiliki ketertarikan pada bisang seni terutama seni tari. Terbukti sebagai salah satu bentuk pelestarian akan warisan budaya nenek moyang, di Desa Kuripan terdapat 9 kelompok seni yang masih aktif hingga saat ini. Pada tahun 2017 yang lalu hasil dari program kerja Mahasiswa Unsoed yang melaksanakan KKN di Desa Kuripan ke-9 Kelompok seni ini telah melaksanakan musyawarah dan rapat bersama untuk menyusun AD/ART sebagai salah satu dasar suatu organisasi. Adapun kelompok seni tersebut diantaranya :

Kelompok Seni Tari Warok Suromenggola dan Emblek Dem

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa. kelompok ini terbentuk sejak tanggal 28 September 2015 dan baru saja di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 24 Januari 2016, dengan di ketuai oleh bapak A. Isrofil. Kelompok Seni ini biasa melaksananakn latihan di balai Dukuh di Dusun Kuripan.

Kelompok Kesenian Warga Budaya Desa Kuripan

Kelompok Kesenian Warga Budaya merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa, meliputi Tari Lengger, Tari Warog, Tari Barong dan Tari Pentol. Terbentuk Sejak 11 Agustus 1980 dan baru dikukuhkan pada tanggal 20 Maret 2013 oleh Kepala Desa Kuripan. Kelompok Kesenian Warga Budaya saat ini diketuai oleh bapak Dumilah dan biasa melaksananakn latihan di Dusun Sigaok.

Kelompok Kesenian Daeng Putri Mekar Sari

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa,  kelompok ini terbentuk sejak tanggal 15 Januari 2016 dan baru saja di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 20 April 2016, dengan di ketuai oleh bapak Suyono . Kelompok Seni ini biasa melaksananakn latihan di balai Dukuh di Dusun Kuripan.

Kepompok Kesenian Kuda Lumping Lengger Budaya Desa Kuripan

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa, yang meliputi Tari Lengger, Tari Kuda Kepang dan Tari Barongan. Kelompok ini terbentuk sejak tanggal 25 Januari 2012 dan telah di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 20 Maret  2013, dengan di ketuai oleh bapak Yono Muktiono. Kelompok Seni ini biasa melaksananakn latihan di Dusun Lenggerang.

Kelompok Kesenian Tari Tresno Budoyo Desa Kuripan

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa yang meliputi Tari Lengger dan Tari Warok. kelompok ini terbentuk sejak tanggal 4 Februari 2008  dan baru saja di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 20 Maret 2013 , dengan di ketuai oleh Ratno. Kelompok Seni ini biasa melaksananakn latihan di balai Dukuh di Dusun Temanggung.

Kelompok Kesenian Kungkrus Desa Kuripan​

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa. Kelompok ini terbentuk sejak tanggal 15 April 2013 dan baru saja di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 20 Maret 2013, dengan di ketuai oleh bapak Waryono Kelompok Seni ini biasa melaksananakn latihan di balai Dukuh di Dusun Kuripan.

Kelompok Kesenian Angguk Imanoreh Campur Bawur Desa Kuripan

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa, yang memadukan unsur religi dengan alat musik yang digunakan. Kelompok ini terbentuk sejak tanggal 21 Maret  2014 dan telah di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 24 Maret  2016, dengan di ketuai oleh bapak Wirto. Kelompok Seni ini biasa melaksananakn latihan balai dukuh Dusun Kuripan.

Kelompok Kesenian Madiyo Pitutur Desa Kuripan

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa, yang meliputi tari kejawen yang mengandung unsur islami di setiap gerakannya. Kelompok seni ini sudah lama berdiri dan merupakan sangar budaya tertua yang ada di Desa Kuripan, terbentuk sejak tanggal 1 Maret 1955 dan telah di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 20 Maret  2013, dengan di ketuai oleh bapak Tarso. Kelompok Seni ini biasa melaksananakn latihan di Dusun Lenggerang.

Kelompok Kesenian Dayak karya Muda Desa Kuripan

Merupakan kelompok mesyarakat yang peduli dalam pelestarian seni budaya dan adat istiadat jawa yang mrliputi Tari Dayak. Kelompok ini terbentuk sejak tanggal 17 Februari 1988 dan telah di kukuhkan oleh Kepala Desa Kuripan pada tanggl 20 Maret  2013, dengan di ketuai oleh bapak Taryo.


Total Dibaca

Lama Terkait

  • Profil Desa
  • Pemerinta
  • Kelembanggan
  • PPID

Contact Details

Telephone: 0812-2720-8466
Email:  desakuripan#@gmail.com
Website: https://kuripan-watumalang.wonosobokab.go.id

Jl. Kyai Banjaran KM 09 Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: rewind() expects parameter 1 to be resource, boolean given

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 188

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: filesize(): stat failed for /var/lib/php/sessions/ci_sessionb06b7cac55befc6196581cd1f741e1dadac4c3d7

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 192

Backtrace: